Wednesday

TRICK MENYIASATI MATA LELAH DARI MONITOR

gambar diculik dari nyari
Hare gene ga ada kompi dirumah...?weeeehhh enggak banget lah..jaman serba tehno n digital gini kok gaptek...diiiihhh nggak juga laahhh....kompi udah bukan barang istimewa lagi tuk nangkring di sebuah rumah, di kampong2 pun udah pada punya loh..n internet pun udah mulai nyerang kampong2 pinggiran, fb mah udah tenar mengalahkan dewi persik tuh...heheh..
bagi yang keranjingan surfing alias selancar ria dirumah mbak maya udah ga mandang waktu..siang malem anytime liat kompi nganggur,bawaanya pengen nge-net mulu..pulang kerja ga ada basa n basi langsung de itu kompi dibelai2...halah ini sih pengalaman pribadi..
apalagi para provider udah mulai bersahabat dengan pengguna internet,dah ada paket2 yang terjangko ma kalangan manapun,cuma kadang emang ga semua wilayah tercover sih..berhubung biaya bulanya murah,jadi pada addict banget deh mainin kompi,dari yang cuma iseng game,browsing ato kerja ( kerja apa nih kalo ga chat )...
ga bosen2 mantengin itu si segi empat layar kompi/le'top ( kapan ada yang segi tiga ato lingkaran yak..), aku sendiri ampe menyatroni dokter mohan cuma gara2 overdose manteng di-inet, hihi malu kan yak...ampe migrain segala loh...parah deee
kabar gembira nih bagi penggila monitor, kalo udah kerasa kliyeng2 karena kebanyakan menteleng sama itu monitor, coba deh tips ini yang tak jiplak dari sini...
1. Jaga jarak pandang dari monitor.
Berada terlalu dekat dengan monitor memang sedikit membahayakan bagi mata kita. Seharusnya kita menjaga jarak pandang ke monitor kita dengan baik. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi (50-100cm) dari mata.
Jika kita masih kesulitan membaca padahal monitor sudah berada pada jarak 20 inchi, cobalah untuk memperbesar font kita hingga kita merasa nyaman.

2. Singkirkan CRT, Beralih ke LCD
Monitor tabung (CRT) memang memberi efek yang lebih buruk dibanding LCD, selain energi yang dibutuhkan juga lebih besar. Cobalah mengganti monitor CRT kita dengan LCD.
Namun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT. Bagi kita yang masih menyeyangi monitor CRT, ada baiknya kita membeli filter anti-radiasi. ini adalah solusi untuk mengurangi rasa nyeri mata akibat duduk berlama-lama di depan monitor, namun dengan harga yang murah.

3. Atur monitor setting
Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Adakalanya manfaatkan hal tersebut.
Misal settingan seperti, 'text' atau 'internet' akan terasa lebih sejuk di mata, saat kita gunakan untuk mengetik ataupun browsing. Setingan 'game' atau 'movie' akan terlihat lebih terang saat digunakan.

4. Gunakan kacamata anti radiasi
Walau hal ini membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, namun ada baiknya saat memiliki cukup uang kita membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya.
Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

5. Mengistirahatkan mata sejenak, secara berkala
Cara termudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata sekitar 5 menit tiap jamnya. Kita dapat menggunakan waktu 5 menit tersebut untuk berjalan-jalan, melihat pemandangan, mencuci muka dan sebagainya. Yang penting menjauh dari monitor.
dengan adanya tips diatas, boleh deh lanjutin hobby melototin monitor..jangan lupa sambil kerja kalo bisa, jangan salah lo internet bisa dijadikan lahan bercocok tanam yang menghasilkan lo..mo coba...?coba aja sendiri...
SOOOOOO...ENJOY SURFING...

No comments: